tulisan berjalan

Selamat Datang di blog Muhammad Waltalzi
Arriyadh Prayugo's Blog

Senin, 21 Februari 2011

12 Kualitas yang secara kolektif membentuk Kebahagian

Ibarat pohon, kesuksesan juga memiliki akar, batang dan ranting. Semakin dalam akar sebuah pohon, maka semakin kuat ia menyangga batang yang besar dan tinggi. .Demikian seterusnya, semakin kekar batang sebuah pohon, maka semakin tangguh ia menahan ranting nya. Demikian juga dengan kebahagiaan dan kesuksesan. Disinilah pentingnya membangun fondasi kebahagiaan dan kesuksesan dengan cara penyiapan wadah kebahagiaan dan kesuksesan dalam diri sebagai modal dasar untuk membangun keluarga dan lingkungan sosial yang kondusif untuk melanggengkan kualitas kebahagiaan tersebut. Napoleon Hills mengatakan,” Setiap orang bisa memperoleh kekayaan material dan immaterial, hanya jika telah siap untuk menerimanya. Batin kita harus disediakan sebelum menanam benih-benih. Ini berarti bahwa sesuatu yang dibutuhkan tidak akan berhasil tanpa sebab. Karena ada perbedaan antara “kebutuhan” dan “kesiapan” untuk menerimanya”.

Berikut kualitas-kualitas yang secara kolektif membentuk kebahagian.

1. Cinta

Inilah mata air kebahagian yang dapat diperbaharui dan tidak akan pernah habis.

2. Optimisme

Optimisme memberikan kekuatan pada saat sesorang mengalami peristiwa yang menyakitkan
3 .Keberanian

Inilah senjata kita yang paling ampuh untuk mengalahkan rasa takut yang melintas begitu cepat.
4. Perasaan bebas

Tiada yang dapat memenuhi jiwa seperti kebebasan.Setiap orang memiliki kekuasaan untuk memilih, tetapi sebagian kita tidak tahu bahwa kita memiliki kekuasaan itu.
5.Sikap Proaktif

Orang-oramg bahagia berpartisipasi dalam mengubah nasib mereka sendiri dan membentuk kebahagian sendiri
6.Rasa Aman


Orang-orang bahagia tahu bahwa seiring berjalannya waktu tidak ada satu hal pun yang abadi.mereka tahu bahwa rasa aman adalah suatu kondisi didalam diri.
7.Kesehatan


Kebahagian dan kesehatan adalah dua hal yang saling bergantung.Sulit merasa bahagia jika kita tidak sehat, dan sulit menjadi sehat jika kita tidak bahagia.
8.Spiritualitas.

Orang-orang bahagia tidak pernah takut untuk menjalani hal-hal baru dalam kehidupan mereka.Mereka tidak terbelenggu oleh rasa cemas dan takut terhadap kematian.
9.Alturisme

Sikap Alturistis menjalin kebersamaan kita dengan orang lain, memberikan kita tujuan hidup, dan mengeluarkan kita agar tak berkutat dengan diri sendiri
10.Perspektif



Orang-orang bahagia tahu bagaimana memprioritaskan berbagai masalah yang dihadapi, serta mengubahnya menjadi sejumlah kemungkinan.
11. Humor.


Humor merupakan pergeseran persepsi yang membekali seseorang dengan keberanian untuk terus maju ketika kehidupan menampakkan sisi paling buruk.Humor mengangkat beban derita hati dan menyerahkannya kepada jiwa dan intelek, yang memiliki kekutan untuk menyembuhkan derita itu.
12. Tujuan Hidup.

Orang-orang bahagia tahu mengapa mereka diturunkan kebumi ini. Mereka melakukan hal-hal yang digariskan untuk mereka.Kalaulah mereka mati hari ini, mereka sudah puas dengan hidup mereka.

“Kebahagiaan bukan berarti semuanya baik-baik saja. Kebahagiaan adalah kerja keras. Keberanian merupakan salah satu prasyarat kebahagiaan. Kata orang, keberanian bukan berarti menghapus rasa takut, tetapi kemampuan untuk bertindak walau pun merasa takut. Orang yang bahagia tidak melawan ketidaksempurnaan, mereka mengalahkan rasa takut. Kita mengubah nasib kita setiap hari, dengan apa yang kita lakukan.”


Sumber : " Pergulatan Cinta dan Rasa Takut " karya Dan Baker dan Cameron Stauth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Elegant Rose - Diagonal Resize